TERBARU :
السلام عليكم ورحمة الله تعالى وبركاته# بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه التصوف الإسلامي هو مقام الإحسان الذي قال عنه رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراكِ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيَّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٍ تُنْجِينَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْمِحَنِ وَالإِحَنِ وَالأَهْوَالِ وَالْبَلِيَّاتِ وَتُسَلِّمُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْفِتَنِ وَالأَسْقَامِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْعُيُوبِ وَالسَّيِّئَاتِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعَ الْخَطِيئَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيعَ مَا نَطْلُبُهُ مِنَ الْحَاجَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ يَا رَبِّ يَا الله يَا مُجِيبَ الدَّعَوَاتِ.... " اهـ . [ من صلوات العارف الرباني الإمام الغوث الصمداني عبد القادر الجيلاني - رضي الله تعالى عنه، في كتاب " أفضل الصلوات على سيد السادات" للعارف الرباني القاضي يوسف النبهاني - رضي الله تعالى عنه و عـلـيـكـم الـســلام و رحـمـة الله تـعـالـى و بـركـاتـه

KEGIATAN HARIAN DI BULAN RAMADHAN

30 Juli 2011

Satu atau Dua hari lagi Insya Allah kita semua memasuki Bulan Ramadhan yang penuh berkah. Untuk memaksimalkan ibadah kita, akan lebih baik kita susun ulang jadwal kegiatan kita sehari-hari.

Berikut kami kutipkan contoh jadwal kegiatan harian di Bulan Ramadhan, yang kami dapat dari Pesantren Darus Syafa'at :

SETELAH TERBITNYA FAJAR

Menjawab adzan untuk shalat fajar(subuh)

" اللهم رب هذه الدعوة التامة والصلاة القائمة آت محمدا الوسيلة والفضيلة وابعثه مقاما محمودا الذي وعدته "

"Ya Allah Tuhan Pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada nabi Muhammad Saw. wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan."

Isilah waktu antara adzan dan iqamat ini dengan berdo'a dan membaca dzikir-dzikir pagi hari.

قال صلى الله عليه وسلم : " الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة " رواه أحمد والترمذي وأبو داوود

"Do'a itu tidak akan tertolak diantara adzan dan iqamah"

Penjelasan: Do'a yang dilakukan pada waktu antara adzan dan iqamah itu terkabulkan. Dalam artian, waktu ini adalah salah satu waktu yang mustajabah untuk berdo'a.

Membangunkan anggota keluarga untuk menunaikan shalat Subuh

Mengingatkan suami dan anak-anak lelaki untuk shalat Subuh berjamaah di masjid, dengan berangkat lebih awal sebelum iqamah.


قال صلى الله عليه وسلم : " ولو يعلمون ما في العتمة والصبح لأتوهما ولو حبوًا " متفق عليه
, " بشر المشائين في الظلم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة " رواه الترمذي وابن ماجه

Rasul Saw. bersabda: "Dan jikalau mereka mengetahui apa-apa yang ada dalam sholat Isya' dan shubuh niscaya mereka mendatangi keduanya bahkan mereka akan mencintainya."

"Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan bersama-sama ke masjid di kegelapan dengan cahaya yang sempurna pada hari akhir nanti."H.R Tirmidzi

Melaksanakan shalat sunnah fajr di rumah dua rakaat, dan mengingatkan suami untuk melaksanakan shalat sunnah Fajr


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها " رواه مسلم .

Rasulullah Saw. bersabda: "Dua rakaat shalat sunnah fajr adalah lebih baik dari dunia dan seisinya"

H.R. Muslim

" و قد قرأ النبي صلى الله عليه و سلم في ركعتي الفجر قل يا أيها الكافرون وقل هو الله أحد " صححه الألباني

"Dan nabi Saw. telah membaca Qul ya ayyuhal kafirun dan qul huwallahu ahad pada dua rakaat fajr."

و قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " خير صلاة المرء في بيته إلاالمكتوبة " متفق عليه .

Rasulullah Saw. bersabda: "Sebaik-baik shalat seseorang adalah di rumahnya, kecuali yang Fardlu"

Duduk di mushola/masjid atau tempat sholat di rumah hingga matahari terbit dengan sempurna. Mengisi dengan dzikir pagi, berdoa serta membaca al-Qur'an.


قال تعالى : (إِنَّ قُرْآنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًاِ)

Allah Swt. berfirman: "Sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)." Al-Isra' : 78

كان النبي صلى الله عليه وسلم : " إذا صلى الفجر تربع في مجلسه حتى تطلع الشمس الحسناء " رواه مسلم .

Bahwa nabi Saw: "Jika telah sembahyang subuh dan tetap duduk sampai terbitnya matahari"

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من صلى الغداة في جماعة ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس ثم صلى ركعتين، كانت له كأجر حجة
وعمرة تامة تامة تامة " رواه الترمذي و صححه الألباني .

Rasulullah Saw. bersabda: "Barangsiapa shalat berjamaah lalu berdzikir sampai terbitnya matahari kemudian shalat dua rakaat, baginya seperti pahala orang yang melaksanakan haji dan umrah secara sempurna, sempurna, sempurna."H.R. Tirmidzi

Membaca al-Qur'an :

1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 1 kali selama Ramadhan; Bisa ditambah sesuai kemampuan

KEGIATAN SETELAH KELUAR DARI MASJID/MUSHOLA

Membantu suami berangkat ketempat kerja dengan niat ibadah. Mengingatkan agar suaminya mencari rizki untuk keluarganya secara halal dan menyempatkan diri mengabdi kepada masyarakat.
Menyiapkan anak-anak berangkat ke sekolah, dan menasehatkan mereka untuk mencari pahala sambil belajar demi masa depan dunia dan akherat.
Menasehatkan seluruh anggota keluarga untuk mengingat Allah ta'ala sepanjang hari.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : "ما أكل أحد طعاما خيرا من أن يأكل من عمل يده وأن نبي الله داود عليه السلام كان يأكل من عمل يده" رواه البخاري .

Rasulullah Saw. bersabda:
"Tidaklah seseorang itu memakan makanan yang lebih baik daripada memakan dari hasil jerih payahnya dan sesungguhnya nabi Allah, Dawud As. makan dari hasil tangannya(jerih payah) sendiri."

H.R. Bukhori

وقال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من سلك طريقا يلتمس فيها علما سهل الله له به طرقا إلى الجنة "رواه مسلم .

Rasulullah Saw. bersabda: "Barangsiapa berjalan diatas jalan yang didalamnya ada ilmu, Allah akan memudahkan jalan baginya menuju surga."H.R. Muslim

قال تعالى: (أَلاَ بِذِكْرِ اللّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُِ) [الرعد:28[ .

"Bukankah dengan mengingat Allah menentramkan bathin"

(Ar-Ra'du 28)

قال صلى الله عليه وسلم : " أحب الأعمال إلى الله أن تموت ولسانك رطب من ذكر الله "

Rasulullah Saw. bersabda: "Amal yang paling disukai Allah adalah apabila lisanmu senantiasa basah dengan dzikrullah hingga mati"

Mengingatkan setiap anggota keluarga untuk menunaikan shalat Dhuha meskipun Cuma dua rakaat sebelum keluar rumah.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " يصبح على كل سلامى من أحدكم صدقة، فكل تسبيحة صدقة، وكل تحميده صدقة، وكل تهليلة
صدقة، وكل تكبيرة صدقة، وأمر بالمعروف صدقة، ونهي عن المنكر صدقة، ويجزئ من ذلك ركعتان يركعهما من الضحى "رواه مسلم .

Rasulullah Saw. bersabda: ""Jadilah setiap gerak-gerik kalian sedekah, setiap tasbih sedekah, setiap tahil sedekah, setiap takbir sedekah, perintah kepada kebaikan sedekah, melarang kemungkaran sedekah, dan semuanya bisa dicukupi dengan dua rakaat Dhuha"". H.R. Muslim

Tidur dan istirahat.


قال معاذ بن جبل رضي الله عنه : " إني لأحتسب في نومتي كما أحتسب في قومتي " .

Mu'adz bin Jabal R.a berkata: Sesungguhnya aku diminta untuk memperhitungkan pahala dalam tidurku sebagaimana aku memperhitungkannya dalam bangunku."

KEGIATAN SETELAH DZUHUR

Menjawab adzan untuk shalat dzuhur, memanfaatkan waktu diantara adzan dan iqamah untuk berdo'a

Mengerjakan shalat sunnah rawatib dzuhur empat rakaat sebelum shalat fardhu Dzuhur dan dua rakaat setelahnya.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من صلى اثنتي عشرة ركعة في يوم وليلة بني له بهن بيت في الجنة "رواه مسلم .

Rasulullah Saw. bersabda: "Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah duabelas rakaat dalam sehari semalam, maka akan dibangunkan rumah untuknya di sorga.H.R. Muslim

Mengerjakan shalat dzuhur empat rakaat

Tilawah Qur`an satu hizb.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من قرأ حرفاً من كتاب الله فله به حسنة، والحسنة بعشر أمثالها، لا أقول: "ألم" حرف، ولكن "ألف" حرف، و"لام" حرف، و"ميم" حرف "

Rasulullah Saw. bersabda: "Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dilipatkan sepuluh kali, aku tidak mengatakan:
"ألم"
satu huruf melainkan "alif" satu huruf, dan "lam" satu huruf, dan "mim" satu huruf.

Membaca al-Qur'an :

1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 1 kali selama Ramadhan;

Bisa ditambah sesuai kemampuan

Masuk ke dapur dan mempersiapkan buka puasa bagi orang-orang yang berpuasa dan dihitunglah pahala dari pekerjaan mulia ini.


فعن أنس رضي الله تعالى عنه قال : كنا مع النبي صلى الله عليه و سلم في السفر فمنا الصائم ومنا المفطر قال : فنزلنا منزلاً في يوم حار وأكثرنا ظلاً صاحب الكساء , ومنا من يتق الشمس بيده قال فسقط الصوّام وقام المفطرون فضربوا الأبنية فقام المفطرون وهذا هو الشاهد فقام المفطرون و ضربوا الأبنية و سقوا الركاب فقال رسول الله صلى الله عليه وآله و سلم : " ذهب المفطرون اليوم بالأجر " رواه البخاري ومسلم .

Dan dari Anas Ra. berkata:Kami sedang bersama nabi Saw. dalam sebuah perjalanan dan ada diantara kami yang berpuasa dan ada pula yang berbuka(tidak puasa), berkatalah Anas Ra: maka berhentilah kami pada suatu tempat yang pada hari itu merupakan hari yang panas dan kebanyakan dari kami berteduh dengan pakaian yang kami miliki (dari panasnya matahari) dan sebagian yang lain melindungi dirinya dengan tangan mereka. Berkatalah Anas Ra: maka berbukalah orang-orang yang berpuasa (membatalkan puasanya), bangkitlah mereka lalu mendirikan bangunan ( untuk beristirahat) dan berdirilah orang-orang yang telah membatalkan puasanya tadi, dan orang yang berpuasa tidak mampu apa-apa, ini merupakan saksi (pada hari akhir nanti). Maka berdirilah orang-orang yang berbuka tadi dan mendirikan bangunan (untuk tempat beristirahat) dan mereka memberi minum kepada para musafir maka bersabdalah Rosul Saw: Hari ini orang-orang yang berbuka dari puasanya pergi dengan membawa pahala.H.R. Bukhori & Muslim

Menghabiskan saat-saat yang dikerjakan didapur menikmati hidangan sejuk dari Allah berupa: Banyak berdzikir dan bertasbih, beristighfar dan berdo`a, mendengarkan bacaan Qur'an atau ceramah-ceramah melalui radio atau tv di sela - sela mempersiapkan hidangan buka puasa di didapur. Mengikuti dengan lirih Memperdengarkan lantunan bacaan Qur'an yang didegarnya.


قال تعالى: (أَلاَ بِذِكْرِ اللّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُِ) [الرعد: 28[.

"Bukankah dengan mengingat Allah menentramkan hati"

أن أعرابياً قال لرسول الله صلى الله عليه و سلم: إن شرائع الإسلام قد كثرت علي فأنبئني بشيء أتشبث به , فقال : " لا يزال لسانك رطباً من ذكر الله " حديث صحيح صححه الألباني .

Seorang Baduwi berkata kepada rasulullah Saw: Sesungguhnya syari'at-syari'at Islam telah banyak bagiku, maka beritahukan kepadaku dengan sesuatu yang aku bisa berteguh padanya, maka berkatalah Rosul Saw :"Senantiasa basahilah lisanmu dengan berdzikir kepada Allah"

Mengingatkan anak-anak untuk menunaikan shalat dzuhur dan sunnah rawatibnya(Jika belum mengerjakannya di sekolah.

Menasehatkan anak-anak untuk mengambil waktu sejenak untuk beristirahat supaya kuat melaksanakan ibadah puasa, mengajarkan mereka akan pahala dari tidur mereka.

KEGIATAN SETELAH ASHAR

Menjawab adzan shalat Ashar

Mengingatkan suami dan anak-anak untuk shalat ashar di masjid secara jamaah dan mendengarkan pengajian di masjid setelah shalat dan tilawah al-Qur`an, dan menasehatkan kepada para wanita untuk menunaikan shalat ashar berjamaah di rumah jika memungkinkan untuk itu.

Ibu dan anak-anak perempuannya supaya shalat Ashar berjamaah di rumah jika memungkinkan.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " من غدا إلى المسجد لا يريد إلا أن يتعلم خيرا أو يعلمه كان له كأجر حاج تاما حجته " رواه الطبراني حسن صحيح .

Rasulullah Saw. bersabda: "Barang siapa pergi ke masjid hanya bertujuan untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya, maka baginya pahala haji sempurna".

H.R. Thabrani.

Membaca al-Qur'an :

1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 1 kali selama Ramadhan; Bisa ditambah sesuai kemampuan

Sang ibu menasehatkan kepada angota keluarga untuk membantunya di dapur, dan mengingatkan mereka akan pahala mentaati kedu orangtua dan usaha untuk mendapatkan ridho mereka dalam bentuk membantu orang-orang yang puasa.

Menghindari hidangan yang bersifat boros dan berlebih-lebihan.

وقال تعالى: (وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ) [الأعراف:31[ .

Allah Swt. bersabda: "…makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." QS. Al-A'raf: 31.

KEGIATAN MENJELANG MAGHRIB

Memperbanyak do'a dan istighfar pada waktu ini di sambil mempersiapkan buka puasa.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " الدعاء هو العبادة " صححه الألباني رقم: 3407 في صحيح الجامع

Rasulullah Saw. bersabda: "Do'a itu adalah ibadah"

Mencari pahala degan mengantarkan buka puasa untuk tetangga dan yang membutuhkan yaitu dengan menyenangkan mereka dan untuk mempererat hubungan antar tetangga dan memberikan bantuan bagi mereka, serta memetik pahala dari memberikan buka puasa bagi yang berpuasa.


قال صلى الله عليه وسلم: " من فطر صائماً كان له مثل أجره غير أنه لا ينقص من أجر الصائم شيئاً " رواه الترمذي وابن ماجه وغيرهما،
وصححه الألباني رقم: 6415 في صحيح الجامع .

Rasulullah Saw. bersabda: "Barangsiapa memberikan buka puasa bagi yang berpuasa, maka baginya pahala sebagaimana pahala yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikitpun."

H.R Tirmidzi & ibnu Majah

ثبت في الصحيحين أنه صلى الله عليه وسلم: كان أجود الناس، وكان أجود ما يكون في رمضان حين يلقاه جبريل، وكان يلقاه في كل ليلة من
رمضان فيدارسه القرآن، فلرسول الله صلى الله عليه وسلم أجود بالخير من الريح المرسلة .

Ditetapkan dalam kitab sahihaini bahwa Rasulullah Saw.: " adalah manusia yang palin gdermawan dan beliau adalah sebaik-baik orang dermawan di bulan Ramadhan ketika Jibril datang menemuinya dan iapun (Jibril) mendatanginya setiap malam pada bulan Ramadhan dan mengajarinya al-Qur`an, Rasul Saw. Saat itu lebih dermawan daripada angin yang berhembus(membawa kebaikan maupun manfaat bagi manusia).

KEGIATAN SETELAH TERBENAMNYA MATAHARI

Menjawab adzan untuk shalat Maghrib

Menasehatkan keluarga untuk berbuka puasa dengan kurma atau kurma ruthob (dengan bilangan ganjil) atau dengan air serta mengajarkan mereka mencari pahala dengan mengikuti sunnah nabi Saw. dengan membaca do'a berbuka puasa.

عن أنس قال: كان رسول الله يفطر على رطبات قبل أن يصلي فإن لم تكن رطبات فعلى تمرات فإن لم تكن حسا حسوات من ماء .

Dari Anas R.a berkata:"Bahwa rasulullah Saw. berbuka puasa dengan kurma sebelum shalat dan jika tidak ada kurma maka dengan kurma kering dan jika tidak ada, dengan beberapa teguk air."

كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا أفطر قال : " ذهب الظمأ وابتلت العروق وثبت الأجر إن شاء الله"

Bahwa Rasulullah Saw. ketika berbuka membaca: Telah hilanglah dahaga dan ketika keringat telah membasahi badannya (selama puasa)
serta telah tetaplah pahala(puasa) jika Allah menghendaki.

Mengingatkan suami dan anak-anak serta saudara-saudara laki-laki agar menunaikan shalat maghrib di masjid, dan bagi wanita untuk menjalankan shalat jamaah di rumah jika memungkinkan untuk itu.

Mengerjakan shalat sunnah rawatib maghrib-dua rakaat

Berkumpul dengan keluarga di meja makan berbuka puasa dengan bersyukur pada Allah atas nikmat sempurnanya puasa hari ini.

Membaca dzikir-dzikir sore, dan menasehatkan seluruh anggota keluarga untuk beriltizam (membiasakan diri) dengan dzikir-dzikir ini.

Mengingatkan keluarga agar bersiap-siap melaksanakan shalat Isya' dan Tarawih di masjid (jika memungkinkan bagi perempuan) dengan berwudhu dan memakai pakaian yang bersih dan wangi (dan parfum hanya untuk yang laki-laki saja).

Menunjukkan syi'ar dan kemeriahan pergi ke masjid untuk mengajak umat berduyun-duyun ke masjid.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " أيما امرأة استعطرت ‏ثم خرجت، فمرت على قوم ليجدوا ريحها فهي زانية " رواه أبو داود، الترمذي والنسائي ‏وغيرهم و صححه الألباني رقم: 2701 في صحيح الجامع .

Rasulullah Saw. bersabda: "Siapapun dari seorang wanita berparfum lalu keluar rumah dan berjalan didepan suatu kaum untuk dicium baunya maka dia telah berzina"H.R. Abi Daud, Tirmidzi dan Nasa'i.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " أيما امرأة أصابت بخوراً فلا تشهد ‏معنا العشاء الآخرة " أي صلاة العشاء رواه مسلم .

Rasulullah Saw. bersabda: "Siapapun dari seorang wanita berparfum maka janganlah ia duduk bersama kami dalam tasyahud Isya terakhir" yaitu shalat isya.قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " لا تمنعوا إماء الله مساجد الله ، وليخرجن تفلات " أي غير متطيبات رواه أحمد وأبو داود

Rasulullah Saw. bersabda: "Janganlah menghalangi perempuan dari masjid Allah, dan supaya mereka ke masjid dengan tidak berparfum. H.R. Ahmad, Abu Daud.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: " من تطهر في بيته ثم مشى إلى بيت من بيوت الله ليقضي فريضة من فرائض الله كانت خطوتاه إحداهما تحط خطيئة والأخرى ترفع درجة " رواه مسلم .

Rasulullah Saw. bersabda: "Barangsiapa bersuci di rumahnya lalu ia pergi ke rumah Allah untuk menjalan sholat fardlu, maka langkahnya satunya mengurangi dosanya dan langkah lainnya menambah pahalanya". H.R. Muslim.

KEGIATAN SETELAH SHALAT ISYA'

Menjawab adzan untuk shalat Isya' dan mengerjakan shalat Isya' berjamaah di masjid atau di rumah

Melaksanakan shalat rawatib Isya'-dua rakaat.

Melaksanakan shalat tarawih berjamaah secara lengkap di masjid atau di rumah.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " إنه من صلى مع الإمام حتى ينصرف كتب له قيام ليلة " رواه أهل السنن وقال الترمذي حسن صحيح .

Rasulullah Saw. bersabda: "Sesungguhnya barangsiapa yang sembahyang bersama imam sampai pulang, maka dituliskan baginya seperti shalat selama semalam."

Riwayat yang sangat popular sholat tarawih dari solihin terdahulu adalah 20 rakaat dan 8 rakaat.

Hadist:" Barang siapa menghidupkan malam bulan ramadhan dengan iman dan mencari pahaal, maka diampuni dosanya yang telah lalu"
Tidak perlu saling mencela mengenai berapa rakaat yang dilaksanakan. Amal kita tergantung kualitas dan kuantitasnya.
Kalau Imam berjamaah 20 rakaat dan makmum ingin sholat 8 rakaat, hendaknya meninggalkan masjid dengan tenang dan khusyu' agar tidak mengganggu yang masih melanjutkan Tarawih 20 rakaat
Bila imam sholat tarawih 8 rakaat dan makmum ingin melanjutkan 20 rakaat, sebaiknya melaksanakan lanjutannya di rumah saja.

Membaca al-Qur'an :

1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 1 kali selama Ramadhan; Bisa ditambah sesuai kemampuan

Menasehatkan anak-anak untuk belajar.

Membantu anak-anak dan menasehatkan mereka untuk membaca/menghafal al-Qur`an

Menyelesaikan pekerjaan dapur dengan niat ibadah.

Tidur dengan niat mencari pahala dan menjadikan tidur ini agar dapat bangun untuk tahajud

KEGIATAN AKHIR PERTIGA MALAM

Membangunkan anggota keluarga dan menyarankan mereka agar mengerjakan shalat Tahajud, dengan menasehatkan mereka untuk memperpanjang sujud dan ruku' dalam shalat tahajud, dan supaya shalat berjamaah di masjid pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan.

Melaksanakan shalat tahajud singkat dan witir jika belum melaksanakannya dengan imam.

Membaca al-Qur'an :


1 hizb (1/4 juz) untuk menghatamkan 1 kali selama Ramadhan; Bisa ditambah sesuai kemampuan

Mencari Pahala dengan menyiapkan makan sahur dengan memperbanyak do'a dan dzikir serta istighfar.

Mengajak keluarga untuk bersahur bersama-sama.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " تسحروا فإن في السحور بركة " متفق عليه .

Rasulullah Saw. bersabda: "Bersahurlah sesungguhnya dalam sahur itu barokah" Muttafaq 'alaih.

Duduk untuk berdo'a dan istighfar sampai adzan subuh.


قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : " ينزل ربنا تبارك وتعالى في كل ليلة إلى السماء الدنيا حين يبقى ثلث الليل الآخر،
فيقول: من يدعوني فأستجيب له، ومن يسألني فأعطيه، ومن يستغفرني فأغفر له " رواه البخاري والمسلم .

Rasulullah Saw. Bersabda: "Setiap hari Allah turun ke langit dunia ketika sepertiga malam terakhir, lalu Ia berkaka:"Siapa yang berdoa akan Aku kabulkan, siapa yang meminta akan Aku beri dan siapa yang memohon ampunan akan AKu ampuni." H.R. Bukhari & Muslim.

Ini merupakan contoh, sehingga tidak harus sama persis dengan yang kami sampaikan, kondisional tergantung masing-masing individu. Semoga ikhtiar ini bisa memandu kita untuk optimalisasi ibadah Ramadhan insya Allah. Allahu a’lam

by. kang anwar

dari berbagai sumber
Share this Article on :

2 komentar:

misT 58 mengatakan...

Salam Ramadhan Al Mubarak , minta izin copy utk renungan dan hafalan.
Jazakumullah kheir

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum

Ijin share . . .

Sukron

Poskan Komentar

 

© Copyright Media Kang Anwar 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.