TERBARU :
السلام عليكم ورحمة الله تعالى وبركاته# بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه التصوف الإسلامي هو مقام الإحسان الذي قال عنه رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراكِ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيَّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٍ تُنْجِينَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْمِحَنِ وَالإِحَنِ وَالأَهْوَالِ وَالْبَلِيَّاتِ وَتُسَلِّمُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْفِتَنِ وَالأَسْقَامِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْعُيُوبِ وَالسَّيِّئَاتِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعَ الْخَطِيئَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيعَ مَا نَطْلُبُهُ مِنَ الْحَاجَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ يَا رَبِّ يَا الله يَا مُجِيبَ الدَّعَوَاتِ.... " اهـ . [ من صلوات العارف الرباني الإمام الغوث الصمداني عبد القادر الجيلاني - رضي الله تعالى عنه، في كتاب " أفضل الصلوات على سيد السادات" للعارف الرباني القاضي يوسف النبهاني - رضي الله تعالى عنه و عـلـيـكـم الـســلام و رحـمـة الله تـعـالـى و بـركـاتـه

MINUMAN ANTARA DINGIN DAN PANAS

31 Oktober 2012

Cuaca yang lebih panas belakangan ini memang membuat kita cenderung untuk memilih meminum minuman dingin dari pada yang hangat saat sehabis makan siang. Banyak yang tidak mengetahui bahwa meminum minuman dingin sehabis makan memiliki efek yang tidak baik.
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah meminum minuman dingin setelah makan. Misalnya es jeruk atau eh teh manis. Padahal banyak makanan yang dikonsumsi adalah makanan berminyak dan mengandung kolesterol tinggi.
Minuman dingin akan mengeraskan makanan berminyak yang baru saja dimakan. Dan memperlambat pencernaan makanan. Ketika endapan ini bereaksi dengan asam lambung, endapan akan terpecah dan diserap oleh usus lebih cepat daripada makanan padat. Ini akan memenuhi usus. Sebentar saja, ini akan berubah menjadi lemak dan bisa mengakibatkan kanker. Jadi disarankan untuk meminum/memakan sup panas atau minuman hangat setelah makan.
Hindari minuman dingin setelah makan. Orang Cina dan Jepang minum teh panas dengan makanan mereka bukan minuman dingin. Mungkin sudah waktunya kita mengadaptasi kebiasaan minum air hangat seperti mereka.
Memang menyenangkan bila meminum air dingin setelah makan. Namun, air dingin akan membekukan makanan berminyak yang baru anda konsumsi. Hal ini akan memperlambat pencernaan. Sekali saja ” mengendap” bereaksi dengan asam, akan merusak dan diserap usus lebih cepat dari pada makanan padat. Dan akan membatasi usus. Segera setelah itu, akan menimbun menjadi lemak dan menjadi penyebab kanker.
 Heart Check Up
Untuk menghindari hal demikian terjadi, biasakanlah minum air panas, teh panas atau yang lainnya. Tentu saja dengan panas yang layak untuk diminum. Kurangi kebiasaan meminum minuman dingin baik yang telah didinginkan di kulkas atau dicampur es. Minuman yang dingin bisa mengakibatkan mengkerutnya saluran-saluran darah dari yang besar hingga sekecil diameter rambut manusia.
Tentang air panas kaitannya dengan “serangan jantung” tentu ada korelasinya. Bagi  yang memiliki penyakit jantung koroner berapapun persentase penyumbatannya, akan memudahkan terjadinya serangan jantung apabila terbiasa minum air dingin. Hal demikian karena saluran koronernya bisa mengeras dan atau mengkerut sehingga lubang salurannya bisa mengecil yang pada gilirannya dapat menghambat laju dari ke jantung. Oleh karena itu, untuk menghambat proses mengkerut dan mengerasnya saluran koroner, ada baiknya membiasakan diri minum air panas.
Bagi  yang mendapat serangan jantung koroner, ada baiknya minum air panas untuk mengembangkan saluran koronernya memperlancar laju darah, sebelum diambil tindakan medis selanjutnya.
Setiap orang harus mengenali tanda-tanda serangan jantung terutama jantung koroner. Apabila tangan sebelah kiri merasakan sering pegel-pegel mulai dari jari tangan hingga bahu dan kemudian diikuti seringnya kesemutan. Kemudian, rasa sakit di dada sebelah kiri hingga tembus ke punggung. Selanjutnya diikuti rasa pusing, sesak nafas dan berkeringat dingin. Maka gejala-gejala demikian adalah awal atau permulaan serangan jantung. Apabila kita mengenali gejala tersebut, maka segeralah melakukan tindakan yang diantaranya minum air panas, sebelum meminum obat-obat untuk mengencerkan darah seperti Trombo aspilet, ascardia atau palavic.

Lebih baik untuk meminum air panas atau hangat setelah makan.
Catatan penting tentang serangan jantung – anda harus mengetahui bahwa tidak setiap gejala serangan jantung akan melukai lengan sebelah kiri. Waspadalah jika  merasa sakit pada kerongkongan. Anda mungkin tidak akan pernah merasa sakit pada bagian dada selama serangan jantung berlangsung. Rasa mual dan keringat yang bercucuran juga menjadi gejala umum. 60 persen orang yang mengalami serangan jantung pada saat tidak sadarkan diri atau tidur tidak pernah terbangun. Rasa sakit pada tenggorokan dapat membangunkan anda dari tidur anda yang nyenyak.
Namun begitu terapi saluran koroner dengan air panas yang diminum itu, tentu saja hanya sebagai mencegah berlanjutnya serangan jantung. Jalan yang terbaik untuk mencegah munculnya serangan jantung koroner itu adalah perilaku sehat kita, sebagaimana tips di bawah ini.
Pertama, melakukan tindakan olah raga secara rutin sesuai dengan porsi usia dan dilakukan secara konsisten. Kalau memungkinkan, dilakukan setiap hari dengan minimal 10 ribu langkah ;
Kedua, makanlah yang baik dan halal serta menghindari yang berkadar lemak tinggi seperti pada daging jeroan, bersantan, berminyak (Goreng-gorengan), dan yang mengandung zat kimia (pemanis, pengawet dan pelezat). Hindari merokok. Ini berbahaya.
Ketiga, hidup bersahaja, bersabar, hidup bersih diri dan lingkungan, serta menerima apa adanya atas rezeki yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa ;
Keempat, untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah kita, maka biasakan melakukan diet melalui puasa atau mengurangi makanan seperti pada point kedua ;
Kelima, apabila saat ini kita sudah merasakan gejala serangan jantung, maka rajinlah konsultasi dengan dokter.
Semakin banyak  mengenali gejala awal serangan jantung, mudah-mudahan Tuhan senantiasa memberikan kesehatan agar  bisa beribadah dengan baik, bisa berusaha dengan tenang dan menjalani kehidupan dengan tenang. Mari berhati-hati dan waspada. Semakin tahu itu semakin baik untuk bisa bertahan.


Share this Article on :

3 komentar:

Unknown mengatakan...

wah sepertinya saya harus meninggalkan kebiasaan minum es teh setelah makan nih... best info kang...

Unknown mengatakan...

okey trim komennya.......

Unknown mengatakan...

Chinese designers’ global reach is just beginning, Cheung says. The scale remains small.But Yang Li’s collection, which is available in the Washington area at Relish in Georgetown, stands out. “He’s very serious about what he does,” Blake’s Marcheschi says. “I think he might make it to another level.”As a kid, if someone michael kors backpack had asked Li about fashion, he’d have said it was an industry of evening gowns. He briefly studied law to please his parents. He dabbled in music. “I don’t have a talent for music. I tried to play music before. I don’t have the balls to stand up in front of people and perform,” Li michael kors jewelry sale says. “The light doesn’t fall well enough on my face to act.”Fashion became his creative outlet — the runway his stage. Fashion wooed him, and he was smitten.“For 10 minutes, every six months, I get to say or do things I couldn’t in reality,” Li says. “I get to write a love letter.”Gucci, the purveyor michael kors purse outlet of ultra-high-end handbags, sunglasses and other accessories, reported some not-so-glamorous earnings results on Thursday.
''We wanted to create fun, energy and a bit of humor, and move toward something more instinctual," McCollough said backstage, stressing that what he and Hernandez didn't want was for the references in the collection to be too literal.The verdict: The michael kors wallets sale result was one cool collection. I felt like I wanted to pull up a bean bag chair and stay a while.Marc by Marc Jacobs,back on the map And just like that, Marc by Marc Jacobs is cool again.For their debut, Brit ''It'' girl designers Luella Bartley and Katie Hillier showed a brash, Riot Grrrl/punk/ninja-themed collection michael kors belt vanilla that put Jacobs' flailing secondary line back on the map.The look:

Posting Komentar

 

© Copyright Media Kang Anwar 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.