TERBARU :
السلام عليكم ورحمة الله تعالى وبركاته# بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه التصوف الإسلامي هو مقام الإحسان الذي قال عنه رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراكِ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيَّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٍ تُنْجِينَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْمِحَنِ وَالإِحَنِ وَالأَهْوَالِ وَالْبَلِيَّاتِ وَتُسَلِّمُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْفِتَنِ وَالأَسْقَامِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْعُيُوبِ وَالسَّيِّئَاتِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعَ الْخَطِيئَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيعَ مَا نَطْلُبُهُ مِنَ الْحَاجَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ يَا رَبِّ يَا الله يَا مُجِيبَ الدَّعَوَاتِ.... " اهـ . [ من صلوات العارف الرباني الإمام الغوث الصمداني عبد القادر الجيلاني - رضي الله تعالى عنه، في كتاب " أفضل الصلوات على سيد السادات" للعارف الرباني القاضي يوسف النبهاني - رضي الله تعالى عنه و عـلـيـكـم الـســلام و رحـمـة الله تـعـالـى و بـركـاتـه

BUDAK AJAIB

26 Desember 2010

Kisah Teladan - budak Ajaib


Pada suatu hari Abdul Wahid bin Zaid r.a berjalan-jalan dipasar tiba-tiba ia melihat seorang hamba yang sedang dijual. Hamba tersebut melihat Abdul Wahid dengan mata yang tajam lalu Abdul Wahid kepingin untuk membeli hamba tersebut untuk bekerja dirumahnya. Hamba ini adalah seorang yang taat beribadah dan rajin kerja dengan tekun sekali. Abdul Wahid merasa kagum tentang hamba ini, karena diwaktu siang ia bekerja dengan tekun manakala diwaktu malam ia tidak ada di rumah, sedangkan pintu rumah tetap tertutup dan tidak ada tanda-tanda bahwa pintu telah dibuka.


Pada waktu pagi hamba tersebut telah berada kembali didalam rumah dan menyerahkan satu keping uang dirham yang terukir surah Al-Ikhlas diatasnya. Apabila ditanya oleh Abul Wahid, hamba tersebut menjawab " saya akan memberi kepada tuan setiap hari satu keping uang dirham asalkan tuan jangan bertanya kemana saya pergi". Abdul Wahid menerimanya dan tidak mempermasalahkan hal tersebut. Satelah sekian lama berlalu, pada suatu hari datang seorang teman Abdul Wahid dan memberitahu bahwa kerja hambanya setiap malam adalah menggali kubur orang yang maninggal dunia. Abdul Wahid amat terkejut atas apa yang diberitahukan kawanya, tetapi dia tidak percaya. Abdul Wahid berjanji akan menyelidiki terlebih dahulu.

Pada suatu malam habis sholat isya, Abdul Wahid mengintai gerak gerik hambanya tanpa diketahui bahwa dia sedang dintip. Abdul Wahid melihat hambanya menuju ke pintu, hanya dengan menunjukkan jarinya saja pintu tersebut terbuka dengan sendirinya. Satelah hambanya keluar, pintu tersebut tertutup kembali dengan sendirinya. Abdul Wahid terus mengikuti hambanya hingga sampai kesuatu tempat yang lapang (padang pasir). Hambanya terus mengganti pakaiannya dengan pakaian lain yang terbuat daripada kain wol kasar. Hamba tersebut terus menunaikan solat hingga terbit fajar. Satelah selesai sholat hamba tersebut menadahkan tangan kelangit dan memohon doa kepada Allah yang Maha Kuasa dengan berkata "wahai Tuhanku yang Besar berilah upah kepada tuanku yang kecil". Selesai ia berdoa jatuhlah sekeping uang dirham dari langit dan diambil oleh hamba tersebut. Abdul Wahid mengamati hambanya dengan perasaan heran dan takjub sekali.

Oleh karena hari sudah hampir siang, Abdul Wahid mencari air di sekitarnya untuk berwudlu dan menunaikan sholat Shubuh. Saat berdoa dia berjanji akan memerdekakan hambanya karena hamba yang sangat soleh sepertinya tidak seharusnya menghambakan diri kepada sesama manusia. Selesai berdoa Abdul Wahid mencari hambanya, tetapi tidak berjumpa dia telah menghilangkan diri dengan bagitu cepat sekali.

Abdul Wahid mencoba mencari jalan untuk pulang kerumahnya tetapi tidak berjumpa, karena tempat tersebut asing baginya. Dengan perasaan cemas dan menyesal atas tindakannya dan dalam keadaan mundar mandir yang tidak menentu tiba-tiba dia melihat bayang-bayang dari jauh orang berkuda sedang menuju kearah beliau. Dengan parasaan tidak sabar, Abdul Wahid menunggu tibanya orang tersebut dan setelah sampai, orang berkuda tersebut bertanya "apakah yang kamu buat ditengah-tengah padang pasir ini wahai Abdul Wahid"?. Abdul Wahid keheranan dan berkata didalam hatinya, bagaimana orang ini mengetahui namaku?. Abdul Wahid menceritakan kepada orang berkuda apa yang telah terjadi.

Orang berkuda itu berkata lagi "janganlah kamu merasa curiga terhadap apa yang terjadi Abdul Wahid mengangguk-ngangguk saja terhad apa yang dikatakan oleh orang berkuda tadi. Orang berkuda berkata lagi " tahukah kamu berapa jauh rumah kamu dangan tempat ini?" jawab Abdul Wahid " saya tidak tahu". "Jaraknya adalah dua tahun perjalanan dengan kuda yang berlari dengan cepat" kata orang berkuda. Abdul Wahid keheranan dengan kata-kata orang berkuda tadi dan berkata didalam hati, saat aku mengikuti hambaku malam tadi hanya beberapa menit saja perjalannya kemari. Sebelum berlalu orang berkuda tersebut memesan kepada Abdul Wahid supaya mengunggu disini dan jangan kemana-mana, nanti malam hamba mu akan datang dan kamu bolehlah mengikutinya pulang nanti. Abdul Wahidpun menunggu saja disitu seperti yang dipesan oleh orang berkuda tadi.

sudah beberapa kali tertidur dan terjaga karena keletihan dan kehausan. Pada saat Abdul Wahid terbangun dari tidurnya, dia mendapati makanan dan minuman telah terhidang disisinya dan hambanya juga berada disitu. Hambanya mempersilahkan Abdul Wahid makan makanan yang telah terhidang. Tanpa bekata apa-apa Abdul Wahid makan dengan lahapnya kerana sangat lapar dan dahaga. Hambanya berkata kepada Adul Wahid "janganlah tuan mengulangi lagi pebuatan ini dan tunggulah disini hingga saya selesai sholat".

Hambanya terus mengerjakan sholat hingga terbit fajar. Satelah selesai sembahyang hambanya berdoa seperti malam sebelumnya , tiba-tiba jatuh sekeping dirham dari langit dan diberikan kepada Abdul Wahid dan dia mengambil satu dirham lagi dari sakunya seraya berkata "ini uang dirham yang kemarin malam". Satelah selesai, hambanya mengajak Abdul Wahid dan berjalan dengan cepat, tidak sampai beberapa saat mereka telah tiba dihadapan rumah Abdul Wahid. Hambanya bertanya kepada Abdul Wahid "betulkah tuan akan memerdekakan saya kerana Allah Taala"? jawab Abdul Wahid "benar" Lalu hambanya menunjukkan kepada batu penyendal pintu dan menyatakan bahwa ia adalah uang tebusannya. Abdul Wahid merasa heran, bagaimnana batu yang telah lama berada disitu dijadikan uang tebusan. Lalu Abdul Wahid mengambil batu tersebut dan dengan serta merta batu tersebut berubah menjadi emas. Abdul wahid keheranan atas keajaiban yang dilihatnya sebelum ini dan pada hari ini. Pada waktu siangnya Abdul Wahid pergi kerumah kawannya yang menuduh hambanya menggali kubur dan menceritakan kepadanya apa yang sebenarnya terjadi.

Sementara dirumahnya terjadi kekacauan, dimana anak perumpuan Abdul Wahid memaki-maki hambanya karena menyangka selama dua malam anyahnya tidak balik kerumah dan menuduh hambanya membunuh ayahnya karena mengintip perbuatan jahatnya menggali kubur orang. Anak perempuan Abdul Wahid dengan perasaan marah, lalu mengambil sebutir batu dan melontarkan ke arah hamba tersebut,dan terkena pada matanya dan menyebabkan mata hambanya keluar dan dia jatuh pingsan. Satelah Abdul Wahid kembali kerumahnya dari melawat kawannya, keadaan menjadi ramai, dan orang yang berada disitu telah memberitahu kepadanya apa yang telah terjadi. Dengan perasaan marah Abdul Wahid mengambil pedang lalu memotong tangan anaknya hingga putus. Abdul Wahid merasa kesal atas tuduhan yang dibuat oleh anaknya sedangkan mereka tidak mengetahui keadaan sebenarnya.

Satelah hambanya sadar dari pingsan, hambanya bangkit serta mengambil mata yang terjatuh lalu dimasukkan kembali ketempat asalnya sambil berdoa kepada Allah supaya memulihkan kembali penglihatannya. Satelah berdoa, matanya kembali sembuh seperti sedia kala dan hambanya pergi mengambil tangan anak Abdul Wahid yang putus lalu menyambungnya seraya membaca sesuatu. Tidak lama kemudian tangan anak Abdul Wahid kembali pulih seperti sedia kala. Hambanya terus meminta diri dan berlalu dari situ. Orang ramai keheranan melihat keajaiban yang telah terjadi.

Subhanallah…………..
Bagitulah besar derajat orang yang taat dan patuh kepada perintah Allah dan dia telah memperoleh derajat dan karomah (kemulian) dari Allah
إِنَّ أَكرَمَكُم عِندَ اللَّهِ أَتقىٰكُم
Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Q.S.Al-Hujuraat: 13

Semoga bermafaat dan kita bisa mengambil hikmahnya. amin
by : Kang Anwar
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Copyright Media Kang Anwar 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.