TERBARU :
السلام عليكم ورحمة الله تعالى وبركاته# بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله والصلاة والسلام على سيدنا رسول الله وعلى آله وصحبه ومن والاه التصوف الإسلامي هو مقام الإحسان الذي قال عنه رسول الله صلى الله عليه وآله وسلم أن تعبد الله كأنك تراه فإن لم تكن تراه فإنه يراكِ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيَّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةٍ تُنْجِينَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْمِحَنِ وَالإِحَنِ وَالأَهْوَالِ وَالْبَلِيَّاتِ وَتُسَلِّمُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْفِتَنِ وَالأَسْقَامِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعِ الْعُيُوبِ وَالسَّيِّئَاتِ وَالآفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيعَ الْخَطِيئَاتِ وَتَقْضِي لَنَا بِهَا جَمِيعَ مَا نَطْلُبُهُ مِنَ الْحَاجَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيعِ الْخَيْرَاتِ فِي الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ يَا رَبِّ يَا الله يَا مُجِيبَ الدَّعَوَاتِ.... " اهـ . [ من صلوات العارف الرباني الإمام الغوث الصمداني عبد القادر الجيلاني - رضي الله تعالى عنه، في كتاب " أفضل الصلوات على سيد السادات" للعارف الرباني القاضي يوسف النبهاني - رضي الله تعالى عنه و عـلـيـكـم الـســلام و رحـمـة الله تـعـالـى و بـركـاتـه

TIPS SEHAT BAGI PEROKOK BERAT

07 Mei 2011

ROKOK, Sampai sekarang hukumnya tetap kontroversi, ada yang mengharamkan dengan mutlak, ada yang menghukumi makruh dan ada yang memandang haram apabila dirasa membahayakan, dan ada pula yang menghukumi bagus/wajib, karena kalau tidak merokok merasa tidak punya daya kekuatan dan gairah untuk beraktifitas. Lepas dari itu semua, yang jelas tetap dikembalikan kepada pelakunya sendiri. Berikut Tips Sehat bagi para perokok berat, yang belum bisa berhenti dari kebiasaan yang kurang baik ini (termasuk saya sendiri heheheh) :
  1. Tetap olah raga, tapi bukan olahraga berat
  2. Istirahat yg cukup..(jgn suka Begadang)
  3. Jangan segera merokok ketika baru bangun tidur, dan menjelang tidur
  4. Banyak minum air putih, dan jangan minum teh atau kopi ketika merokok, sebab kandungan kafein dapat meningkatkan kadar CO2 dalam paru-paru. Anda dapat menggantinya dengan minuman yang dapat menetralisir racun yang dibawa rokok, seperti jus buah segar atau susu.
  5. mengkonsumsi tiap hari :
  • Vitamin C. 250 hingga 1000 miligram per hari. Kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini :
  • 60 miligram ( jeruk, brokoli, semangka, cabai merah, buah kiwi, dan stroberi),
  • Vitamin E. 100 hingga 400 IU per hari. Kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk vitamin ini adalah setara dengan 10 miligram alfatokoferol atau 15 IU ( minyak sayur, kecambah dan mangga).
  • Beta karoten, 15 hingga 30 miligram per hari. kecukupan Gizi yang dianjurkan untuk ini belum ada (jeruk kuning dan buah-buahan berwarna hijau tua dan sayuran seperti wortel, ubi squash selain bayam dan sayuran berdaun hijau lain).
6. Berhenti sementara, ketika badan tidak sehat, terutama batuk pilek, ketika capek, dada sesak, nafas tersengal, ngos-ngosan.

Kebutuhan gizi dasar pria dan wanita yang merokok sama dengan mereka yang tidak merokok. Namun, ada bukti bahwa perokok perlu jauh lebih banyak nutrisi antioksidan dibandingkan non-perokok.

Pada dasarnya, perokok membutuhkan nutrisi antioksidan seperti vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat), dan vitamin E. Beta-karoten dapat ditemukan di sebagian besar multi-vitamin dan kelebihan beta-karoten berisiko bagi kesehatan gizi yang baik. Jika anda seorang perokok dan sedang mencari multi vitamin, pastikan tidak ada bahan dasar dari beta-karoten sebagai salah satu bahan.

Terlalu banyak perokok yang tidak memadai asupan antioksidan. Antioksidan nutrisi memiliki peran protektif berkaitan dengan kanker, penyakit jantung, pembentukan katarak, kognitif (pikiran) disfungsi, dan penyakit lainnya. Penelitian percaya ada keseimbangan antara antioksidan pelindung dan komponen yang mempromosikan oksidasi dalam tubuh. Keseimbangan ini tampaknya berhubungan dengan kesehatan atau penyakit. Beberapa komponen dari asap rokok menghasilkan oksidasi yang memberikan tingkat stres yang tinggi yaitu oksidan. Radikal bebas, yang juga mempromosikan oksidasi, berasal dari tembakau. Asap rokok telah diperkirakan mengandung 1.000.000.000.000.000 radikal bebas per inhalasi. Ini radikal bebas yang dapat mengoksidasi komponen lemak tubuh dan ini cukup berbahaya.

Jika anda merokok, atau hidup dengan seseorang yang merokok, penting bagi anda untuk membuat pilihan yang tepat menjaga kesehatan anda terhadap risiko yang terkait dengan rokok. Salah satu keputusan yang paling penting yang dapat anda buat adalah memilih multi-vitamin yang tepat. Itu fakta bahwa merokok menghabiskannya banyak nutrisi pentingn didalam tubuh. Ini juga merupakan fakta bahwa satu gizi, beta-karoten, telah ditemukan dalam studi klinis untuk efek merugikan kesehatan perokok ‘. Beta-karoten, suatu bentuk vitamin A, dapat ditemukan di sebagian besar multi-vitamin.

Share this Article on :

6 komentar:

pos33 mengatakan...

wah artikelnya bagus, buat tambah pengetahuan , saya sering merokok ketika munum kopi, ternyata itu malah bahaya..

Fix-xp mengatakan...

huft... padahal ketika merokok sambil ngopi itu nikmat ternyata berbahaya...

kunjungan baliknya di tunggu...

Kang Anwar mengatakan...

betuul sekali, emang kayaknya ROKOK dan KOPI sulit di pisahkan

andravabie mengatakan...

Mulai mikir bwt gnti kopi dgn jus..hahaaa...racun+vitamin=netral. Nice artikel

andravabie mengatakan...

Mulai mikir bwt gnti kopi dgn jus..hahaaa...racun+vitamin=netral. Nice artikel

obat perangsang wanita mengatakan...

bagus kang
slama ini ane slh
ngrokok ma kopi

Posting Komentar

 

© Copyright Media Kang Anwar 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.